Mata Kuliah PAI SMSTER I


PENDAHULUAN
A.    Garis besar buku
            Sebagai umat manusia yang beragama Islam selayaknya tuntunan dan pedoman hidup kita sesuai dengan ajaran Islam yang di ajarkan oleh nabi Muhammad saw dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
 Dalam Buku ini telah dijelaskan secara ringkas tentang banyak hal, apa itu agama Islam, bagaimana manusia agama dan Islam itu, ketakwaan dan keimanan, Al-Qur’an dan As-Sunah sebagai sumber ajaran islam, ijtihad, syari’ah fikih dan hukum islam, ibadah sebagai aspek ritual, membangun keluarga, makanan dalam islam, konsep dasar ekonomi, etos kerja, ahlak, tasawuf, dakwah, amar ma’ruf nahyi munkar dan isu-isu kontemporer.


B.     Permasalahan Inti
Pada zaman yang serba Globalisasi ini, makin banyak manusia yang tidak mengetahui dan memahami Islam, padahal mereka mengaku sebagai seorang muslim. Moral yang dimilikipun sangat memprihatinkan karena kurangnya pengetahuan dan  pendidikan agama yang diberikan. Sehingga banyak manusia yang menggeser nilai moralnya sendiri.

C.     Tujuan
Beberapa tujuan pembuat buku ini adalah :
·         Untuk memberikan sedikit banyak pengetahuan tentang agama Islam.
·         Menuntun kepada kita agar bisa mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak terbawa arus yang negatif.
·         Agar kita mengetahui aturan-aturan yang ada dalam agama islam, dimana agama islam ini adalah agama yang di berikan Allah kepada umat mausia melalui perantara Nabi Muhammad SAW agar beribadah kepadanya, dan menaati aturan yang di berikan allah kepada kita,agar kita mendapat ridho Allah SWT, sehingga hidup kita akan nyaman dan tentram. 




MAKNA, TUJUAN, METODE MEMAHAMI ISLAM
A.      Makna Islam
Secara lughawi kata “Islam” berasal dari 3 akar kata:
- Aslama artinya berserah diri yaitu pasrah akan takdir yang diberikan allah SWT kepada kita,dan menjalankan semua perintahnya degan ikhlas dan sabar,selalu menyebut namanya akan segala aspek dan semua hal yang berkaitan dengan hidup dan mati diserahkan kembali kepada allah SWT.tidak mencela takdir yang di berikan allah kepada kita.
- Salam artinya Damai yaitu dengan agama allah akan merasakan kedamaian yang kuar biasa,yakni kedamaian jiwa atau ruh.dengan berpegang teguh pada aturan yang si tetapkan allah yang sudah tertera dalam Al-Qur’an, maka jiwa dan ruh akan merasa damai karena dekat dengan sang Maha Pencipta. karena hanya kedamaian di sisi allah lah yang dicari oleh umat muslim, contohnya yaitu : orang yang mati berjihad mereka berani menaruhkan nyawanya karena mereka merasa tenang berada di sisi Allah.
- Salamah artinya Keselamatan yaitu, yakni mengamalkan aturan-aturan hidup yang ditetapkan Allah agar mencapai keselamatan di Dunia dan di Akhirat.
Melihat akar kata “Islam” mengandung makna-makna sebagai berikut :
Berserah diri atau tunduk patuh,yakni beserah diri pada aturan-aturan hidup yang ditetapkan oleh Allah SWT.
- Menciptakan rasa damai dalam hidup,yakni kedamaian jiwa dan ruh.
- Menempuh jalan yang selamat, yakni mengamalkan aturan aturan hidup yang ditetapkan Allah SWT, agar mencapai keselamatan di dunia dan Akhirat.


B.       Tujuan Syariah Islam
a.    Menjaga dan memelihara agama
b.    Perlunya melahirkan ulama
c.    Membudayakan gerakan belajar agama
d.   Perlunya menguasai ilmu-ilmu dasar islam
e.    Ilmu yang fardu ‘ain
f.     Melaksanakan kewajiban agama
g.    Menjaga dan memelihara jiwa
h.    Menjaga dan memelihara akal
i.      Memelihara dan menjaga harta
j.      Menjaga dan memelihara kehormatan
Metode memahami nilai islam
a.       Metode tipologi
b.      Metode pengkajian Al Quran secara tematis dan terpadu dengan ajaran Islam.


MANUSIA, AGAMA, DAN ISLAM
A.      Manusia dan agama
1.        Beragama sebagai kebutuhan Fitri
Keyakinan akan adanya tuhan di capai melalui 3 pendekatan:
a.       Material experience of humanity. Argumen yang membuktikan adanya Tuhan melalui kajian terhadap fenomena alam semesta.
b.      Inner experience of humanity. Arggumen membuktikan adanya Tuhan melalui kesadaran batiniah dirinya.
c.       Spiritual experience of humanity. Argumen membuktikan Tuhan di dasarkan pada wahyu yang di turunkan oleh Tuhan melalui Rasul-Nya.
2.        Pengertian agama dan asal-usul agama
Agama adalah suatu sistem ajaran tentang tuhan dimana penganutnya melakukan tindakan ritual, moral, atau sosial atas dasar aturan-Nya.

Aspek dalam agama ada 4 yaitu:
a.       Aspek kredial yaitu ajaran tentang doktrin ketuhanan yang harus diyakini.
b.      Aspek ritual yaitu ajaran tentang tata cara berhubungan dengan  tuhan untuk minta perlindungan dan pertolongan-Nya atau untuk menunjukan kesetiaan dan penghambatan.
c.       Aspek moral yaitu ajaran tentang berperilaku dan bertindak yang benar dan baik bagi individu dalam kehidupan.
d.      Aspek sosial yaitu ajaran tentang aturan hidup bermasyarakat.
3.        Agama besar di dunia
Adalah Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu, Shinto, Yahudi, Zoroaster.
B.       Agama Islam
> Islam agama fitrah dari Allah SWT. Islam adalah sistem ajaran ketuhanan yang berasal dari Allah SWT yang di turunkan kepada umat manusia dengan wahyu melalui perantara nabi Muhammad saw sebagai agama yang datang dari tuhan yang menciptakan manusia sudah tentu ajaran islam akan selaras dengan fitrah kejadian manusia.

> Nama, pengertian dan misi Agama Islam
> Islam sebagai nama agama
Orang yang memeluk ajaran islam di sebut muslim, dan yang tidak disebut kafir.
a.       Misi Agama Islam
1.      Mengajak dan menyuruh manusia untuk tunduk patuh pada aturan Allah dalam  menjalani kehidupannya di dunia baik suka maupun duka.
2.      Membimbing manusia untuk menemukan kedamaian dan dalam menciptakan kedamaian baik dalam kehidupan pribadinya atau dalam kehidupan sosial bersama orang lain sehingga dengannya ia mendapatkan kebahagiaan hakiki, lahir dan batin di dunia.
3.      Memberikan jaminan kepada manusia dalam mendapatkan keselamatan dan terbebas dari bencana hidup baik dunia maupun akhirat, sehingga ia mendapatkan kebahagiaan hakiki di akhirat kelak.
Islam sebagai hidayah dalam kehidupan
a.       Hidayah Allah untuk manusia
Ada 4 tingkatan hidayah:
1.      Hidayah Ghariziyyah
2.      Hidayah Hissiyyah
3.      Hidayah ‘Aqliyyah
4.      Hidayah Diniyyah
b.      Islam satu-satunya hidayah Diniyyah
Dalam kedudukannya sebagai hidayah bagi kehidupan manusia di dunia, agama Islam dapat berperan dan berfungsi sebagai manusia yang dapat di kembangkan oleh setiap individu.

KEIMANAN DAN KETAKWAAN
A.    Keimanan
Dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits dijelaskan bahwa iman dan takwa adalah orang yang meyakini dan menjalankan agama Islam. Orang yang beriman adalah orang yang memiliki keyakinan akan kekuasaan Allah SWT dan menjadikannya sebagai motivasi dalam melakukan perintah-Nya. Unsur-unsur pokok iman ada tiga yaitu :
1.      Berkaitan dengan keyakinan. Meliputi iman kepada Zat Allah dan meyakini apa yang ada di Dunia dan Akhirat.
2.      Berkaitan dengan ucapan atau lisan. Meliputi mengucapkan kalimat-kalimat tayyibah, membaca Al-Qur’an, menjauhi perbuatan dan perkataan yang sia-sia.
3.      Berkaitan dengan perbuatan anggota tubuh terhadap diri sendiri, orang lain dan orang banyak.
 Tauhidullah terbagi empat yaitu
a. Tauhid Al Rubuyyah
b. Tauhid Al Asma wa Al Sifat
c. Tauhid Al Ibadah
d. Tauhid Al Isti’ana.

Orang yang beriman dalam hidupnya akan senantiasa berperilaku jihad, menggunakan hukum Allah, ridho atas segala musibah, cinta kepada Allah SWT, sesama muslim, rajin dan bersungguh-sungguh, budi pekerti baik, mencegah dan menghindar dari hal buruk, dan selalu membantu orang miskin dan anak yatim.

B.     Ketakwaan
Sifat orang-orang yang bertakwa adalah orang yang beriman, mau bersodaqoh, mendirikan shalat, menunaikan zakat, menepati janji dan bersabar. Dari pengertian takwa di atas dapat dikategorikan menjadi dua yaitu :
1.      Sikap konsisten secara vertikal, i’tikad baik.
2.      Sikap konsisten secara horizontal, cinta dan kasih sayang sesama manusia

Postingan Populer